Perjalanan Fotografiku

Yogyakarta - Kamis, 27 September 2012 

Ini Hari perrtamaku bertemu dengan om Don Hasman di kelas pagi yogyakarta , sebenarnya saya datanganya telat ke acara, baru datang jam 19.30 WIB padahal di mulai pukul 18.30 WIB jadi telat sejam Hiks T-T. 

Sebelum saya berbagai pengalaman dengan Om Don Hasam, Ada yang tau  beliau siapa?... benar.. beliau adalah salah satu fotografer senior yang di indonesia... beliau sudah bergulat dengan dunia fotografi 37 tahun. Si Om Don panggilan akrab kita ke beliau. Lahir di Jakarta, 7 Oktober 1940, Oom Don sudah mulai memotret sejak usia 11 tahun....  ( Nah pertanyaan kita umur 11 tahun kita baru suka ngapain? xixiix ) untuk lebih lengkapnya silahkan temen-temen searching di mbah google dengan keyword " Don Hasman" banyak artikel mengenai beliau dan karya-karyanya.

Sekarang back to topic 2 Jam Bersama Om Don Hasman sepertinya kurang bagi saya pribadi. Banyak ilmu yang beliau sampaikan lewat slide-slide foto luar bisa dan komposisi warna, ketajaman gambar pokoknya mengagumkan.... iyalah secara Om Don fotografer senior. di tambah lagi sosok beliau sangat menyenangkan, sederhana, asyik, suka bercerita dan tidak bisa di ungkapkan hanya dengan kata-kata. Klo perlu om Don Hasman kita culik om don ngga boleh pulang ke Jakarta hahahahha piss om......... habisnya ilmu belum ke transfer semua masih kurang euy.

dari pertemuan 2 Jam yang seharusnya 3 Jam karena saya datangnya telat :p ada beberapa ilmu dan pesan dari beliau yang saya ringkas

  • Cobalah Untuk mengeksplor lebih jauh... dengan kata lain practice and practice
  • Jangan lupa selalu belajar dengan para ahli baik secara langsung maupun lewat karyanya. 
  • Coba untuk mengambil gambar secara asimetris/ diagonal atau apalah namanya dan jangan simetris itu kata beliau kartu mati.
  • Gunakan Mata yang paling tajam..... yang hobi ngitip tau mana, mata yang paling bagus penglihatannya :p.
  • Kamera tidak harus yang mahal..... yang penting kamera bisa mengambil gambar dan masih digunakan.
  • Jadi fotografer yang baik... dan jadilah fotografer setara dengan fotografer dunia ^^... amin.
,
Don Hasman, Foto oleh : Kristupa Saragih

Itu yang saya dapat selama 2 Jam bersama beliau.... seperti yang saya bilang sebelumnya. saya masih merasa kurang belum semua ilmu beliau transfer klo perlu Om Don kita culik dan ngga boleh balik ke Jakarta lagi hahahah (devil mode on )...... piss om

Semoga Karya dan ilmu beliau selalu bisa dinikmati oleh semua orang begitu dengan saya. Saya juga berharap bisa ketemu lagi dengan belaiu dilain kesempatan. ntar saya copy ilmunya hehehehe.... I LUPH U PULL OM DON HASMAN !!!!!! ^o^

SEMANGAT PAGI

Categories:

Leave a Reply